RAPAT INTERNAL CDC JENEPONTO



CDC adalah singkatan dari Community Development Committee atau Komite Pemberdayaan Masyarakat. Pembentukan CDC diinisiasi oleh Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) CDP Jeneponto atau Proyek Pengembangan Masyarakat yang berlokasi di Kecamatan Bangkala pada tiga Desa uta yaitu: Desa Mallasoro, Punagayya dan Kelurahan Pantai Bahari.
Sebagai sebuah lembaga yang menjadi representasi masyarakat dampingan GNI di Kabupaten Jeneponto, maka pengurus CDC harus terlibat secara nyata dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh GNI pada tiga lokasi program tersebut.

Oleh karena itu, CDC menganggap perlu untuk mengadakan pertemuan, apalagi proses perencanaan untuk tahun 2018 sementara berlangsung. 
Pertemuan ini dalam rangka FGD terkait perumusan POA Jeneponto CDP yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 29 September 2017 dan bertempat di Rumah Syamsihar Muluk (salah satu anggota CDC Desa Mallasoro).
Pertemuan direncanakan dilaksanakan pada pukul 14.00 Wita, namun karena banyak anggota dan pengurus CDC yang belum hadir, maka pertemuan baru dapat dilaksanakan pada pukul 16.00 Wita.
 Pertemuan ini dihadiri oleh 15 orang anggota dan pengurus CDC dari 3 dua desa (Desa Mallasoro dan desa Punagaya) sementara untuk CDC kelurahan Pantai Bahari tidak ada perwakilan yang hadir 
( Undangan sudah disampaikan dua hari sebelum kegiatan dilaksanakan)
Diskusi yang awalnya direncanakan untuk membahas agenda untuk kegiatan tahun 2018 ternyata meluas pada diskusi terkait keterlibatan CDC dalam Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh GNI.
Pengurus dan anggota CDC merasa bahwa masih kurang peran mereka dalam dalam mengawal kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan oleh GNI.
Setelah proses diskusi yang berjalan a lot, maka disepakati beberapa item yang harus mendapatkan perhatian penuh terkait keterlibatan efektif CDC dalam kegiatan GNI yaitu:
- Setiap kegiatan yang dilaksanakan di lokasi harus dikomunikasikan dengan CD
P   -  Perlu ada beberapa kegiatan penguatan Kapasitas untuk pengurus dan anggota CDC terkait    perencanaan kegiatan dan Management Organisasi
3.       Diperlukan agar GNI dibekali kemampuan mengelola Fundrising lokal agar CDC dapat berkessinambungan jika GNI sudah tidak lagi beraktifitas di lokasi mereka.
4.       Pertemuan bulanan CDC harus dirangkaikan dengan kegiatan penguatan Kapasitas bagi pengurus dan Anggota GNI
5.       Pertemuan berikutnya akan dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 5 Oktober 2017 bertempat di lokasi yang sama dan pada pukul 14.00 – 16.30 Wita.

Demikian gambaran Singkat terkait pertemuan CDC pada tanggal 29 September 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini